3 Perkara yang dapat membinasakan manusia

Apa saja perkara yang dapat menghancurkan kesuksesan dan kehidupan manusia?

Setiap manusia tidak ingin ceroboh dari sesuatu yang mereka lakukan, namun tetap saja saat hawa nafsu lebih dituruti maka tanpa sadar ia memulai sebuah kecerobohan dan kehancuran. 

Segala urusan pasti ada masalahnya, kesalahan tetap akan terjadi sekalipun yang kita lakukan tersebut adalah hal yang benar. 

Bagi orang yang berpikir jernih ia akan cepat memperbaiki kesalahn itu, namun bagi mereka yang tidak menyadar bahkan malah menikmati kesalahan tersebut, bisa kita lihat betapa banyak contoh orang-orang yang dibinasakan karena sifat mereka yang sudah keterlaluan.

Hati-hatilah terhadap 3 urusan yang membinasakan berikut ini:

1. Menuruti nafsu 2. Ujub atau bangga diri 3. Teman yang jelek


1. Sifat pelit yang dipelihara. 

Kekikiran yang dijaga tidak akan membawa manfaat sama sekali dalam kehidupan, justru sebaliknya akan membuahkan keburukan. Bahwasanya Sang Maha Kuasa telah berulang-ulang kali membinasakan suatu negeri dan orang yang didalamnya karena mereka pelit dalam hal harta. 

Dilansir dari rumasyho.com (25/12/2012) bahwa pelit disini adalah tidak gemar bersedekah, tidak pernah berinfaq, tidak pernah menyantuni anak yatim bahkan menghardik pengemis yang meminta-meminta padanya. 

Janganlah kita mengikuti sang Qorun yang ditenggelamkan bersama hartanya akibat kekikirannya. Padahal uang yang kita keluarkan sedikit saja untuk membantu orang-orang yang tidak mampu, tidak akan membuatnya menjadi miskin.

2. Hawa nafsu yang diikuti. 

Orang-orang yang mengikuti hawa nafsu cenderung mencari kenikmatan semu dan kepuasaan nafsu sesaat. Hawa nafsu yang dimaksud disini bukanlah hawa nafsu saat kita makan, minum dan menuntut ilmu, namun saat kita mengikuti hawa nafsu untuk berbuat keburukan. 

Betapa banyaknya orang-orang yang haus akan harta, jabatan, pangkat yang tinggi, dan termasuk melampiaskan nafsunya kepada lawan jenis dengan berzina. 

Sahabat Ali bin Abi Thalib pernah mengatakan bahwa barangsiapa yang mengikuti hawa nafsu maka hawa nafsunya itu akan membutakan, menulikannya, menghinakannya dan bahkan menyesatkan serta membinasakannya.

3. Kekaguman pada diri sendiri. 

Terkadang terbesit saat kita merasa punya ilmu yang banyak, kepintaran, kelebihan yang kita miliki menjadikan ada rasa kekaguman pada diri sendiri yang lebih banyak membawa kepada kesombongan dan sifat membanggakan diri di hadapan orang lain. 

Padahal ini termasuk pribadi yang memiliki penyakit mental dan jiwa bahkan disisi-Nya amat terkutuk dan sangat dimurkai. Dan seburuk-buruk bencana bagi akal adalah kesombongan.

Semoga kita bisa menghindari ketiga urusan tersebut, sehingga menjauhkan kita dari kehinaan dan kebinasaan. Perbanyaklah sesuatu yang bermanfaat dan mendatangkan kebaikan dalam hidupmu, lawanlah segala bentuk keburukan. Agar kita menjadi orang yang beruntung.

Semoga 3 perkara yang membinasakan ini tidak ada dalam diri kita ya sob, amiiin.

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini untuk menceritakan perkara perkara yang membuat hati sobat galau dan gundah. Thanks.

0 Response to "3 Perkara yang dapat membinasakan manusia"

Post a Comment

AYO SOB TINGGALKAN KOMENTAR YANG BIJAKSANA DAN BERBOBOT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel