Kisah Sukses Jack Ma Pendiri Alibaba


Eka Rucika-Nah kali ini kita akan membahas tentang prjalanan hidup seorang Jack Ma ,Pendiri dari Alibaba grup trmasuk Uc news ini,Siapasangka perjalanan hidupnya tak semudah membalikan kedua belah telapak tangan.Mungkin bank orang yang menyangka big boss alibabab ini terlahir dari kalangan elit bangsawan china.Namun kenyataannya iya terlahir dari keluarga kecil seorang musisi yang hidupnya sangat pahit di tambah dengan era komunisme di china yang mengekang setiap individu.







Seperti di kutip dari kompas (8/6/2017) Jack ma pernah dan sangat kenyang menjalani pahitnya kehidupan ini,Dia lahir di era revolusi komunis yang merupakan salah satu masa dimana banyak peraturan yang kaku hingga mengekang tak heran dia selau jatuh bangun menjalani hidupnya,namun meski iya terjatuh iya taka pernah putus asa.


Jack juga bukan anak cerdas, bahakan saat mau masuk Sma Iya selalu gagak masuk di universitas ternam atau papan dua ,iyahanya di terima di universitas Hangzhou Normal University untuk mengambil D-3,Yang notabene ii universitas nomor 4 skala nasional yang sangat buruk kualitasnya.Tahun 1988 iya lulus dari universitas itu mendapat gelar d-3.Nah setelah itu diaya tak ada biaya untuk melanjutkan sekolah lagi tak heran iya melamar ke baerbagai perusahaan seperti Kfc namun iya di tolak.Yang paling pahit 24 orang yang mendaftar di perusahaan itu hanya jack ma yang di tolak mentah mentah.




saat mnjadi pemandu wisata turis di kutip dari detik.com
Jack ma juga pernah ikut daftar menjadi polisi namun diya juga tak lulus,setelah lama iya selalu di tolak untuk bekerja.Semangat nya yang pantang menyerah membuatnya,mendirikan kursus bahasa inggris d hangzou china.Kempuan bahasa inggris jack ma ini, di dapat saat kuliah iya mendalami bahasa inggris dan setiap hari diya menjadi penandu wisata gratis untuk para turis turis yang berkunjung ke china.


Dari kebiasaannya memanduini dia banyak sekali akrab terhadap para turis,bahkan ada salah satu turis sari amerka bahakn menjadi teman baiknya dan suatu hariia mengajak jack m ke amerika.


Kemampuan bahasa Inggrisjack ini membawanya knal akrab pada wiliam dan mengajaknya ke amerika di tahun 1995. Ketika itu, ia diminta menjelajahi dunia lewat internet yang baru muncul. ”Tidak, tidak, tidak,” ujar jack ma, karena komputer barang mahal dan dia tak paham.


Jack tetap diyakinkan sahabatnya untuk mencoba. "pertama saya membuka internet saya mencari bir,namun tidak ada bier yang dari tiongkok" ujarnya.Drai situlah iya berfikir bahwa iya ingin membuat beberapa produk produk di tiongkok lbih di kenal dunia.






detik.com


Kembalinya ke Tiongkok, Jack bekerja di kementerian luar negeri china dengan menawarkan jasa pemasaran produk Tiongkok lewat internet. namun setelah menjalani hanya dua tahun ia mundur dari pemerintahan Pada 1999 krena tidak sesuai dengan prinsipnya.Setelah keluar daripekerjaanya Jack Ma dan sobatnya mendirikan situs bernama Alibaba, yang mempertemukan pembeli dan penjual produk di seluruh dunia. Ia terinspirasi dari situs Amazon. juga belajar dari situs lelang e-Bay, bahkan ia mendirikan Taobao mesin telusur berbahasa tiongkok .yang terinspirasi dari Google Advertisment


Jack seorang periang dan punya banyak sahabat karena gampang sekali akrb. Istrinya, dulu sahabat di kampus, Zhang Ying, turut mendukung kerja keras suaminya.Tak mudah pada awalnya,mendirikan alibaba. Alibaba tak menghasilkan uang di tiga tahun pertama. Namun, Jack optimistis akan hasil besar suatu masa . Ini hanya soal waktu saja.


Pada saat perusahaan-perusahaan internet menggelembungdi tahun 2002, Alibaba bertahan kokh karena Jack adalah pilar daya tahan. Terhadap para mitra kerja di tahun 1999, ia bilang, ”Kita harus yakin terhadap jalan ini, tetapi harus kerja keras.”


Jack kemudian menawarkan jasa Alibaba kepada perusahaan mapan untuk jual beli produk, tetapi malah ditertawakan dan di hina. kemudian Ia lantas menengok banyak perusahaan skala menengah dan kecil yang tidak punya berkesempatan mengikuti pameran internasional untuk masuk ke alibaba mempromosikan produknya ke manca negara. Kalangan ini menyambut Jack dengan senang dan antusias,meski awalnya semua jasa gratis.


saat bertemu presiden jokowi di kutip dari detik.com
Beberapa tahun berjalan Situs Alibaba diam-diam membuat banyak orang beruntung. ”Saya pernah makan di sebuah restoran di california AS. saat mau membayar, saya diberi tahu petugas restoran, saya telah dibayari sebuah perusahaan yang berhasil menjual produk karena Alibaba.”


Seiring berjalannya waktu Jack dan rekannya terus mengembangkan Alibaba dan kemudian menciptakan sistem pembayaran lewat situs Alipay namyun kali ini tidak gratis. Sukses Alibaba tersebar di penjuru dunia,siapa sangka anak kecil yang dulunya selalu di tolak untuk bekerja namun saat ini sudah menjadi orang terkaya di tiongkok.







Yan Anthea Zhang, sang profesor strategi manajemen dari Rice University, AS, mengatakan, sukses Alibaba terletak pada ketersediaan aneka produk dan kecanduan konsumen berbelanja karena merasa nyaman dan produk lengkapnya. Lewat Alibaba, ada 800 juta transaksi di seluruh dunia per harinya."Semua kerja keras akan menanti hasilnya,yang terpenting kita usaha dan terus usaha meski gagal ,kita hanya tunggu waktu saja"ujar jack Ma.


Jangan Lupa share artikel ini ya sob,


Sahabatmu.

0 Response to "Kisah Sukses Jack Ma Pendiri Alibaba"

Post a Comment

AYO SOB TINGGALKAN KOMENTAR YANG BIJAKSANA DAN BERBOBOT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel