Sejarah masuknya mobil jepang ke indonesia

Mobil keluaran pabrikan Jepang, saat ini bisa dikatakan rajanya mobil di Indonesia. Toyota, Honda, Suzuki dan Mitshubishi, adalah merek yang tak asing lagi bagi dunia otomotif di Tanah Air.

Merekalah yang bisa dikatakan menguasai pasar otomotif di Indonesia.

Lalu kapan sebenarnya mobil Jepang masuk pertama kali ke Indonesia? Lalu mobil Jepang jenis apa yang pertama mengaspal di Tanah Air.

Mengutip buku, " Sejarah Mobil dan Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini," yang ditulis James Luhulima (2012), mobil Jepang pertama kali masuk ke Indonesia, diperkirakan tahun 1961.

Dan, mobil Jepang yang pertama masuk, bukan jenis aedan. Tapi jip canvas.

Menurut James Luhulima, kendaraan yang dipakai Soeharto seperti yang tergambarkan dalam film G30S/PKI, itu adalah mobil Jepang generasi awal yang masuk ke Indonesia. Jip itu dibuat oleh pabrikan Toyota.


Masuknya mobil jepang keindonesia
Referensi pihak ketiga

Lalu bagaimana proses masuknya mobil Jepang ke Indonesia? Mengutip James Luhulima dalam bukunya, pada tahun 1961, 100 unit jip Toyota canvas didatangkan oleh Departemen Transmigrasi, Koperasi dan Pembangunan Masyarakat.

Ratusan jip itu datangkan untuk keperluan acara Musyawarah Nasional Koperasi yang akan digelar di Surabaya.

Ratusan jip itu nantinya dibagikan ke instansi-instansi koperasi seluruh Indonesia yang hadir di acara musyawarah nasional tersebut.

Jip Toyota canvas jadi pilihan karena harganya yang murah. Harga beli satu unit jip Toyota ketika itu sekitar Rp 112.000 per unit.

Padahal ketika itu, di pasaran tersedia jip merek lain yakni jip Willys buatan Amerika Serikat dan jip Land Rover racikan Inggris. Hanya saja harganya jauh lebih mahal.

Jip Willys misalnya, ketika dibanderol dengan harga Rp 350.000 per unit. Sementara jip Land Rover harganya Rp 450.000 per unit.

Masih mengutip buku James Luhulima, jip Toyota canvas ternya bukan satu-satunya mobil Jepang yang masuk pada tahun 1961. Bersama masuknya jip Toyota canvas, ikut masuk pula sedan Toyota bernama Toyopet Tiara.

Adalah AH Budi, pendiri Nasmoko Grup yang kemudian membeli sedan Toyopet Tiara seharga Rp 350.000.

Referensi:

1. Buku," Sejarah Mobil dan Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini," (James Luhulima, 2012)

0 Response to "Sejarah masuknya mobil jepang ke indonesia"

Post a Comment

AYO SOB TINGGALKAN KOMENTAR YANG BIJAKSANA DAN BERBOBOT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel