8 Adab Agar Di beri Husnul Khotimah

Akhir hayat yang baik diberikan kepada seorang manusia yang diberi petunjuk untuk menjauhi semua yang dapat menyebabkan kemurkaan Allah. Ada beberpada adab agar kita menghembuskan nafas dengan tenang dan baik. Apa saja?

1. Sebaik-baik umur adalah yang panjang dan penuh dengan kebaikan didalam hidupnya. Dan seburuk-buruk umur adalah yang panjang umurnya namun tetap diisi dengan dosa dan keburukan. Maka sudah semestinya bagi kita untuk mempersiapkan kematian dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita.

Agar hidup menjadi husnul khotimah


2. Keadaan di akhir hayat seseorang tergantung kepada amalan sehari-harinya. Oleh sebab itu, isilah kehidupan kita ini dengan meningkatkan kebaikan setiap harinya, hari ini harus lebih baik dari kemarin.

3. Ajal adalah sebuah hal yang amat misteri, kita tidak tau kapan ia akan datang. Ia bisa saja datang secepat kilat, tetapi kadang juga tidak datang-datang walaupun telah ditunggu-tunggu. Sebaik-baik penantian kematian adalah mempersiapkannya dengan baik.

4. Selalu mengamalkan doa agar dijadikan sebagai orang yang meninggal dalam keadaan baik, pada setiap setelah shalat lima waktu.

5. Jangan sekali-kali berpikir untuk mengakhiri hidup dengan jalan pintas karena adanya tekanan hidup yang berat. Misalnya bunuh diri, ini tidak akan mendapatkan keselamatan kelak dihari penentuan.

6. Selalu menumbuhkan perasaan takut dan harap. Takut akan tidak diampuninya dosa-dosanya dan berharap bahwa Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang akan selalu memberikan rahmat kepada orang yang dikehendaki-Nya.

7. Ketika sudah ada tanda-tanda dipanggil oleh-Nya, perbanyaklah membaca kalimat thayyibah.

8. Selalu memberi kebaikan kepada ornag lain, menyebarkan ilmu, menyebarkan kasih sayang dan saling tolong menolong dalam hal kebenaran juga kesabaran.

Demikianlah, kawan. Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang mengakhiri hayat dengan baik. Dengan adanya kedelapan adab tadi, semoga bisa menjadikan diri kita semakin mempersiapkan kematian.

Sunguh kematian itu pasti akan datang. Jangan ditunda, lakukan ada-adab tadi sekarang juga.

0 Response to "8 Adab Agar Di beri Husnul Khotimah"

Post a Comment

AYO SOB TINGGALKAN KOMENTAR YANG BIJAKSANA DAN BERBOBOT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel