Sejarah Asal-Usul Munculnya Internet



ASAL-USUL  INTERNET  DAN PERKEMBANGANNYA 

Pengertian internet

Internet (interconnected network) merupakan kumpulan komputer yang terhubung antara komputer satu dengan komputer yang lain dalam sebuah jaringan yang sering di sebut  dengan network.

Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk semua pemakaianya yang tersebar di seluruh indonesia bahkan seluruh dunia.

Jaringan yang membentuk internet memiliki kemammpuan untuk bekerja pada segala jenis komputer tanpa terpenbgaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Karena merupakan jaringan yang saling berhubungan, maka sebuah komputer yang telsh terhubung ke internet berarti telah terhubung juga ke komputer seluruh dunia yang juga telah terhubung ke internet.

Semua komputer yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yang terdapat internet, artinya bahwa semua orang mempunyai hak yang sama di internet.
Internet mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia tekonologi informasi. Ada dua peranan penting, 




yaitu :
a.     -  Internet sebagai sumber data dan informasi.
b.     -  Internet sebagai sarana pertukaran data dan informasi

Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi dengan jumlah yang tidak terbatas. Kita dan siapa saja yang terhubung ke internet dapat mengambil dan mengakses informasi apa saja, sedangkan sebagai sarana pertukaran informasi, internet dapat dapat di gunakan sebagai media pemberi dan penerima informasi dari satu komputer dengan komputer yang lain tanpa di batasi jarak fisik oleh komputer tersebut.

Dua atau lebih komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lain untuk mempertukarkan data dan informasi. Akses dan pertukaran informasi tersebut dapat di lakukan dalam waktu yang sangat cepat.

Internet menjadi salah satu pemicu terjadinya arus globalisasi, karena telah menghilangkan batas-batas dunia dan menjadikan dunia seakan-akan dunia dalam genggaman tangan kita.

Internet memungkinkan kita dapat mengakses informasi yang tersimpan pada komputer di belahan dunia yang lain. Internet membuat dua orang atau lebih dari belahan bumi yang berbda untuk dapat berkomunikasi tanpa terpisah oleh batas-batas negara, waktu, jarak ataupun birokrasi suatu negara.

Sejarah internet dan perkembangannya

Sebelum internet ada, ARPAnet (US Defensi Advanced Research Projects Agency) atau departemen pertahanan amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat. 

Yang apabila terjadi perang dapat mudah di hancurkan.
Jadi bila satu bagian dari sambungan network terganggu dari serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis di pindahkan kesambungan lainnya. Setelah itu internet di gunakan oleh kalangan akademis untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi.

Pada tahun 1986 internet kemudian di pergunakan secara terbuka untuk umum. Sejak saat itu penggunaan internet berkembang pesat. Pada tahun 1995 di perkirakan 25 juta orang telah menjadi pengguna internet. 

Data dari lembaga penelitian dunia IDC menyebutkan bahwa 502 juta orang pada tahun 2003. Pada akhirnya survei pada tahun 2005 di perkirakan 1 milyar penduduk dunia telah terhubung antara satu dengan yang lainnya melalui jaringan internet.

Perkembangan penggunaan internet di indonesia juga tidak kalah ceppat. Pada tahun 1995 pengguna jaringan interne di indonesia telah mencapai 10.000 orang. Jumlah ini meningkat 10 kali lipat pada tahun 1997. 

Menurut data yang di keluarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa  Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2001 pengguna internet di indonesia meningkat sebanyak 240 kali dalam kurun waktu 6 tahun.
Pada tahun 2004 jumlah pengguna internet di indonesia mencapai 4,2 juta orang dan di perkirakan pada tahun 2010 jumlah pengguna internet di indonesia akan mencapai 15 juta orang.

 5 daftar aplikasi yang membuat smartphone kamu menjadi boros batrei


Aplikasi Internet

Aplikasi internet yang tersededia saat ini sudah banyak dan akan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian di gunakan dalam berbagai bidang akademis, militer, medis, media massa, dan berbagai bidang lainnya.. 

berikut adalah beberapa aplikasi internet yang paling banyak di kenal oleh masyarakat antara lain:

1.      World wide web (www) 

Worldwide web atau www adalah dokumen-dokumen internet yang tersimpan di server-server yang terdapat diseluruh dunia. Dokumen tersebut dibuat dengan format Hypertext dan Hypermedia dengan menggunakan  Hypertext Mark-up Language (HTML) yang mempunyai kemampuan untuk menghubungkan sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Dokumen yang dibuat dengan HTML link tersebut dapat memuat gambar, teks, animasi, audio dan juga vidio.

2.      Elektronic Mail (E-mail)

E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim e-mail sama artinya dengan mengirim surat biasa. Kita dapat mengirimkan pesan apa saja. Lewat e-mail kita dapat juga mengirimkan file dokumen, gambar, dan sebagainya.

Email merupakan alat komunikasi yang sangat mudah dan cepat, karena pengiriman dokumen kita ke seluruh dunia dengan biaya yang sangat murah. Komunikasi dengan menggunakan internet dilakukan dengan sangat cepat sehingga e-mail akan sampai sesaat saja setelah dikirim.

3.      Mailing List  (Milis) 

Mailing list adalah aplikasi internet yang di gunakan untuk sebagai sarana diskusi dan bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-email. Setiap e-mail yang dikirm ke alamat milis akan di kirim keseluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis. Milis sebenarnya bentuk lain dari e-mail, fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok  untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota kelompok.

4.      Newsgroup

Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum. Biasanya anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama untuk memb ahas topik-topik tertentu. Newsgroup dapat dianggap seperti sebuah buletin board, dimana setiap orang bebas mengungkapkan pendapatnya untuk dibaca orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut.

5.      Internet Relay Chat (IRC)

IRC adalah aolikasi internet yang di gunakan untuk bercakap-cakap melalui internet, yang dikenal dengan istilah chatting. Chatting di lakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita katakankepada teman chatting kita, kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks.

6.      File Transfer Protokol (FTP)

FTP adalah aplikasi internet di gunakan untuk mengirimkan atau mengambil file dari ataupun ke komputerlaindengan trsnfer yang tinggi.
ftp sering di gunakan untuk mengambil dan mencari arsip file atau server di internet yang mempunyai alamat tertentuyang menyediakan berbagai arsip atau file. File ini bisa berupa hasil penelitian, artikrl, jurnal dll. ftp juga di pergunakan untuk mengupload file materi situs sehingga biar di akses seluruh penggguna internet dari seluruh pelosok dunia.

7.      Telnet

Adalah aplikasi di gunakan untuk mengakses informasi dari komputer uang letaknya jauh. telnet dapat kita gunakan apabila kita telah mempunyai hak akses.

8.      Gopher 

Aplikasi internet yang berguna untuk mencari informasi yang ada di internet, namun informasi yang di cari hanya infoormasi terbatas ha ya pada teks saja. Untuk mendapatkan informasi melalui gopher, kita harus menghubungka diri dengan gopher server yang ada di internet.

9.      Ping 

Adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping di gunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan mempunyai hubungan (koneksi)  dengan komputer lain di internet, pengecekan hubungan ini dilakukan dengan mengirimkan sejumlah paket data.

0 Response to "Sejarah Asal-Usul Munculnya Internet"

Post a Comment

AYO SOB TINGGALKAN KOMENTAR YANG BIJAKSANA DAN BERBOBOT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel