Nasehat Mbah Maimun Zubair Yang perlu kita amalkan

kumpulan kata mutiara yang penuh hikmah dari mbah yai Maiumun Zubair, yang dapat menyejukkan hati.

KH. Maimun Zubair tak hanya sebatas seorang Kyai ataupun Ulama besar di Indonesia. Kharismanya tak hanya dalam persoalan agama saja. Beliau menjadi panutan bagi banyak orang di Bumi Nusantara ini.

Petuah-petuah Mbah Maimun begitu banyak menginspirasi orang. Setiap kalimat-kalimat bijak yang keluar dari tuturnya begitu adem dan penuh dengan motivasi agar dapat menjalani hidup dengan lurus.

Nah, kali ini Ayo Membaca akan memberikan beberapa nasihat Mbah Maimun. Semoga saja dapat memberikan pencerahan dan inspirasi bagi sahabat pembaca. Jika ada salah, silahkan dikoreksi.

1. Antara baik dan buruk

Nasehat Mbah Maimun Zubair Yang perlu kita amalkan
Sumber foto: kang-purngeblog.blogspot.co.id

Di dunia ini pasti ada sesuatu yang baik dan ada pula yang buruk. Ukuran baik dan buruk pun akan berbeda tiap orang. Salah satu nasihat Mbah Maimun adalah agar tak mencampur antara baik dan buruk agar keseimbangan dunia ini tetap terjaga.

Bagaimanapun juga antara hitam dan putih tetap harus dipisah. Sebuah tantangan yang harus dihadapi dalam kehidupan. Selain itu agar bisa membedakan mana yang baik dan buruk haruslah punya ilmu. Maka janganlah lelah untuk menuntut ilmu demi hidup yang baik.

2. Jangan hanya mengharap pemberian orang lain

Nasehat Mbah Maimun Zubair Yang perlu kita amalkan
Sumber foto: kang-purngeblog.blogspot.id

Bagi Mbah Maimun dalam meencari rizki jangan sampai hanya menggantungkan hidup dari pemberian orang lain. Meskipun sudah mempunyai pekerjaan yang tetap, Beliau berpesan agar tetap punya usaha sendiri.

Semua itu tak lain dan tak bukan agar hati kita tak terlalu berharap kepada pemberian orang lain. Misalkan saja ikut di perusahaan, jika seandainya perusahaan bangkrut dan mengurangi pekerjanya, masih ada usaha sendiri yang bisa dijadikan pendapatan lain.

Mbah Maiumun berpesan bahwa bekerja dengan hasil keringat sendiri itu penuh dengan berkah. Jadi, yuk kita kembangkan kreatifitas untuk membuka usaha sampingan.

3. Jangan berburuk sangka

Nasehat Mbah Maimun Zubair Yang perlu kita amalkan
Sumber foto: kang-purngeblog.blogspot.co.id

Salah satu hal yang paling mudah membuat hati gelap adalah mudah berburuk sangka. Dengan berburuk sangka kepada orang, hati akan tertutupi oleh dengki dan iri.

Dengan demikian, yang ada hati hanya akan merasa gelisah karena tertutup oleh iri dan dengki tersebut. Berhentilah berburuk sangka kepada orang lain agar hati menjadi tenang.

4. Jangan tertipu amal

Nasehat Mbah Maimun Zubair Yang perlu kita amalkan
Sumber foto: kang-purngeblog.blogspot.co.id

Menjadi orang yang senantiasa mawas diri dari dosa-dosa meskipun itu hanya kecil adalah sebuah penolong bagi manusia di akhirat kelak. Selain itu, jangan pula sombong dengan banyaknya amal sebab setiap amalan tak bisa dihitung oleh manusia secara pasti.

Manusia adalah mahluk yang lemah. Berhati-hatilah dalam bertindak dan jangan sampai sudah merasa punya amal yang banyak. Jangan sampai pula tertipu oleh pikiran bahwa kita sudah mempunyai amal yang banyak.

Nah, itulah beberapa nasihat dari Mbah Maimun Zubair. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Mari sama-sama belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Referensi:

kang-purngeblog.blogspot.co.id/2017/09/12-kata-mutiara-hikmah-mbah-maimun.html

0 Response to "Nasehat Mbah Maimun Zubair Yang perlu kita amalkan"

Post a Comment

AYO SOB TINGGALKAN KOMENTAR YANG BIJAKSANA DAN BERBOBOT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel