Cara Membuat Promosi Produk Cepat Laku

*POLA PALING NAMPOL*
Rahasia Konten yang Nampol & Nempel!

Pernahkah Anda membaca sebuah status di Facebook...

entah berupa postingan tulisan, gambar, atau video

yang nampol banget bagi Anda, misalnya (dalam hati Anda berkata):

"Gila! Ini gue banget..."
"Lho, kok dia tahu banget isi hati gue.."
"Jleb! Nusuk banget di hati..."

...dan sejenisnya

Pernah?




Dan gak cuma itu...

Eh ternyata isi (konten) status tersebut pun nempel banget di ingatan Anda, sampai-sampai:

keinget-inget terus, kepikiran terus, dan susah lupanya.

Pernah ngalamin? 😊


Kira-kira, apakah hal tersebut terjadi tanpa alasan?

Apakah perasaan yang timbul tersebut benar-benar terjadi begitu saja tanpa sebab?

...atau justru memang ada polanya?

πŸ€” think!


Coba perhatikan dan catat ini baik-baik...


Terlepas Anda mengetahuinya atau tidak,

Bahkan, si pembuat konten menyadarinya atau tidak,

tapi hal tersebut memang benar-benar ada polanya...

cara membuat promosi yang keren dan cepet goal


Ingat, segala sesuatu pasti ada polanya.
*"Sukses berpola, gagal berpola"*

Termasuk, cara buat konten yang nampol & nempel, ADA POLANYA.

Mau tahu apa dan bagaimana polanya?


😱 MAU.....!!
(teriak seseorang dalam hatinya)







Ini dia polanya:

SUCCESs (Simple, Unexpected, Concrete, Credible, Emotional, Stories)

Pola ini telah ditemukan oleh 2 orang bersaudara yang bernama Chip & Dan Heath dalam bukunya berjudul: "Made To Stick"


Ingat, sukses berpola, gagal berpola.

Dan pola paling sukses membuat konten yang nampol & nempel adalah "SUCCESs"

(makin dibaca, makin diingat, makin paham polanya, InsyaAllah...)



Yuk kita bahas satu per satu..

*#1. SIMPLE*

Intinya, buatlah konten yang sederhana. Apa intinya, apa pesannya.

Supaya pesan yang kita sampaikan mudah diingat, tentunya pesan tersebut harus mudah dimengerti terlebih dahulu.

Dan cara terpraktis agar mudah dimengerti oleh pembaca adalah membuatnya jadi sederhana.

Misalnya, ketika Saya menjelaskan strategi "Jab, Jab, Jab, Hook" dalam membangun personal branding di internet,

maka bagi Anda yang baru mendengar istilah tersebut, bisa dipastikan akan kebingungan maksudnya apa. Betul?

Tapi berbeda cerita ketika Saya menyampaikannya dengan cara yang lebih sederhana. Misalkan:

"Sharing-sharing dahulu, selling-selling kemudian"

atau

"Kasih makan ikan dahulu, baru pancing kemudian"

Hal tersebut dilakukan untuk menjelaskan pentingnya giving value (berbagi manfaat) dulu sebelum berjualan.


Gimana, kerasa bedanya?

Itulah maksudnya.
Sederhanakaah pesannya.

Jangan gunakan bahasa planet atau bahasa monyet yang tidak dimengerti oleh manusia.

Berusahalah menempatkan di posisi pembaca dan penerima pesan:

"Apakah yang Saya sampaikan ini bakal cukup jelas dan simpel untuk dia?”

Ingat, tugas kita adalah membuat orang lain pintar, bukan menunjukkan kepintaran kita. Sombong banget lu...


Dalam konteks copywriting, pola simple ini akan berwujud: HARD SELL.

Apakah boleh?

Gak apa-apa, boleh-boleh saja, asalkan targeting Anda udah bener ngebidik orang-orang yang butuh/kepengen beli produk,

atau market Anda udah "HOT" dan siap dijualin.

Kebayaaaaaaaang?

Okey, sip...



*#2. UNEXPECTED*

Intinya, buatlah konten yang tidak mudah ditebak oleh pembaca. Berikanlah kejutan, ubah alurnya, jangan gitu-gitu aja.

Dengan pesan yang tidak mudah ditebak, maka seseorang akan mudah terkejut.

Ketika seseorang terkejut, maka dia akan memberikan perhatian. Karena ketika mereka terkejut, mereka akan memfokuskan diri terhadap sesuatu dan mengabaikan hal lainnya. Dan cara terbaik untuk menciptakan kejutan adalah dengan “merusak pola” yang ada dalam suatu cerita.

Inilah pola yang sering Saya gunakan dalam membuat status di FB, misalnya status ini:

https://www.facebook.com/groups/klubjagojualan/permalink/1838731986376249/

Dan ini:

https://www.facebook.com/groups/klubjagojualan/permalink/1900253666890747/

Juga ini:

https://www.facebook.com/groups/klubjagojualan/permalink/1901099653472815/

---
Note:
Anda perlu join di Grup Jago Jualan dulu sebelum bisa membuka link di atas. Klik disini: http://bit.ly/belajarjagojualan
---

Yang perlu Anda catat adalah...

Hal yang men gejutkan tidak akan bertahan lama. Karenanya, untuk membuat pesan tersebut diingat dalam waktu yang lama (nempel), Anda harus membuat orang tersebut tertarik dan penasaran.

Maka giringlah kalimat demi kalimat dalam paragraf yang Anda buat dengan kata-kata yang membuat orang penasaran.

Ini penting... karena rasa penasaran akan membuat perasaan kita semakin menggantung dan mengingat-ingat pesan tersebut, seperti halnya trailer film box office yang akan tayang di Bioskop...

Kebayang?

Alhamdulillah...

Banyak yang baca :

Cara membuat sebuah konten menjadi viral 

Cara mempengaruhi orang agar memebeli barang kita 

*#3. CONCRETE*

Intinya, buatlah konten yang gampang diindera. Konkrit, gak abstrak.

Suatu pesan akan susah dipahami jika kita menggunakan bahasa yang abstrak. Dan akan mudah dipahami jika kita menggunakan bahasa yang kongkrit, nyata.


Misalnya, ketimbang Anda bilang:

"banyak orang sudah join dalam course ini dan merasakan manfaatnya"

mendingan sebut:

"1350 internet marketer sudah join dalam course ini dan merasakan manfaatnya"


Bedanya apa?

Perhatikan saja sendiri, bedanya apa. Itulah yang dimaksud dengan konkrit, spesifik, gak abstrak.


Termasuk, ketika Anda menyebutkan manfaat dari produk Anda.

Misalnya, daripada bilang:

"Anda bisa turunkan berat badan dengan cepat dan mudah"

mendingan bilang:

"Anda bisa turunkan berat badan 10 kg dalam waktu 3 bulan bahkan lebih cepat tanpa harus diet ketat"

Makin kebayang?
Terasa bedanya?

Yap, bagus...

Hal tersebut akan lebih nampol dan nempel di ingatan pembaca ketimbang nyebut sesuatu yang abstrak, ambigu, gak jelas...


Nah, itulah maksudnya...

---
Disclaimer:
Contoh yang kedua kalau dipake untuk iklan di Facebook, kemungkinan besar tidak akan lolos aturan FB dan bakal kena AME. Hati-hati, itu hanya contoh doang πŸ˜…πŸ˜‚ hehe
---



*#4. CREDIBLE*

Intinya, buatlah konten dapat dipercaya. Gunakan authority, atau kutip perkataan para ahli atau institusi yang punya authority.

Suatu pesan akan lebih mudah dipercaya jika orang yang menyampaikannya adalah seseorang yang memiliki kredibilitas di bidang tersebut.

Itulah kenapa...

Resep obat dari dokter akan lebih dipercaya dibandingkan resep dari montir.

Nasehat dari ustadz akan lebih didengar dibandingkan nasehat dari bajingan.

Saran dari mentor yang sukses akan lebih dipraktekkan dibandingkan saran dari mentor yang gagal.


Dan itulah alasannya...

Kenapa orang yang followernya banyak akan lebih didengar dibandingkan yang followernya sedikit...

Kenapa para artis di Instagram dengan mudahnya menjual makanan khas kota-kota di Indonesia..

Kenapa para internet marketer sukses dengan mudahnya menjual tools atau course yang berhubungan dengan internet marketing...


Pahaaaaam...?

Yap, bagus...


Tinggal pertanyaannya, bagaimana seandainya jika kita tidak kredibel dan tidak punya authority?

Maka solusinya...

gunakan kredibilitas/authority seseorang atau lembaga tertentu yang credible dalam menyampaikan pesan tersebut.

Inilah fenomena Endorse.

Orang-orang rela bayar mahal "seseorang" yang punya kredibilitas dan authority di bidangnya. Kenapa?

Karena yang mereka beli adalah kredibilitas si endorser tersebut, bukan semata-mata bayar orangnya, tapi sesuatu yang besar di balik nama orang tersebut (kredibitasnya).

Pahaaaaaaam...?

Good...



*#5. EMOTION*

Intinya, buatlah konten yang emosional.

Lebih jelasnya, Anda bisa baca kembali broadcast Saya sebelumnya tentang: ramuan viral.

Baca ulang, sampai paham, sampai ngerti.

Mau contoh?

Baca status ini:

https://www.facebook.com/groups/klubjagojualan/permalink/1758752724374176/

Rasakan getaran emosinya...
Rasakan... Rasakan...

Ini juga:

https://www.facebook.com/groups/klubjagojualan/permalink/1640331346216315/

Dan ini:

https://www.facebook.com/groups/109438006059782/permalink/390451737958406/

Rasakan emosinya.. rasakan...

Status tersebut semuanya ditulis menggunakan poin emosi, yang dikemas dalam bentuk cerita..


*#6. STORIES*

Intinya, konten yang Anda buat harus dikemas dalam bentuk cerita, yang dapat memberikan solusi atau inspirasi.

Gini deh, coba Saya tanya...

Berapa banyak dongeng masa kecil yang masih Anda ingat?

Jika Saya meminta Anda untuk menyebutkan sal ah satunya, pastinya Anda dapat menceritrakannya dengan baik kepada Saya, seperti kisah si kancil, sangkuriang, putri salju, dll. Betul?

Tapi coba cek deh..

Berapa banyak penjelasan mata pelajaran di kelas SD yang masih Anda ingat?

Saya yakin walaupun hanya menyuruh Anda untuk menjelaskan salah satunya, Anda kemungkinan besar tidak akan ingat. Kenapa?

Karena pada kenyataannya manusia akan lebih mengingat lebih baik cerita daripada data.

Artinya, ketika Anda ingin menyampaikan sebuah pesan, entah itu konten edukasi atau copywriting jualan,

walaupun ada datanya, tapi sampaikanlah dalam bentuk cerita. Tujuannya apa?

Supaya lebih nampol dan nempel di benak pembaca. Okey?



Itulah 6 pola paling nampol yang bisa Anda gunakan saat membuat konten di Facebook atau Blog pribadi Anda.

Saya yakin, setelah Anda membacanya berulang-ulang sampai paham,

maka Anda akan makin tercerahkan dengan adanya broadcast ini...


*Action Plan!*

Sama seperti sebelumnya, tugas Anda setelah membaca broadcast ini adalah...

"Pilihlah 1 dari 6 poin di atas, lantas buatlah konten (status FB atau artikel Blog) yang nampol &  nempel di benak pembaca..."

Lihat hasilnya.
Ukur selalu. Evaluasi. Coba lagi..


Terus coba, sampai bisa, sampai menghasilkan. Okeeeey?




Sekali lagi, Saya gak akan nagih PR-nya.

Tapi kalau Anda mengerjakannya, InsyaAllah akan membuat Anda makin jago jualannya.

Semoga kita dijauhkan dari ilmu-ilmu yang tidak bermanfaat dan tidak dipraktekkan. Aaamiin...

Karena di luar sana, banyak banget lho *"kolektor ilmu" yang cuma ngoleksi ilmu doang, praktek mah kagak*.... 😊


Tenang.. orang itu bukan Anda.

....kecuali emang ngerasa. πŸ˜‚


Maka berdoalah kepada Allah agar dijauhkan dari sifat buruk tersebut.



Dewa



*P.S.*

Kalau mau belajar, coba baca aja buku Easy Copywriting. Cari di http://billionairestore.co.id.

Lihat-lihat dulu aja..


---

Catatan penting:

Supaya Saya tahu bahwa Anda sudah membaca tulisan ini, silakan screen shoot salah satu bagian favorit Anda dan post di Facebook.

Bila perlu, silakan tag akun FB Saya. Kalau beruntung, namanya akan Saya munculkan di timeline pribadi. Lumayan, dibaca 100.000+ followers, kali aja followers Anda nambah





...dan rezeki Anda kedepannya makin bertambah πŸ‘Œ aamiin


Sampai jumpa di broadcast WhatsApp selanjutnyaπŸ™

0 Response to "Cara Membuat Promosi Produk Cepat Laku"

Post a Comment

AYO SOB TINGGALKAN KOMENTAR YANG BIJAKSANA DAN BERBOBOT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel