JENIS JENIS USAHA YANG COCOK DI PEDESAAN





Ada ribuan jenis pekerjaan yang cocok di pedesaan, dari usaha kecil sampai usaha jumbo. coba liat lur di sekitar lingkunganmu pasti banyak kan??seperti jualan rujak, membuka warung kopi menjadi petani yang mayoritas di desa dan lain sebagainya, Walau itu hanya usaha usaha kecil tapi bila di maksimalkan pasti akan bisa menjadikan penghasilan yang melimpah.

Apa yang membuatmu mau membuka usaha didesa lur??pasti ada sebabnya salah satunya pertanyaan itu terfikirkan setelah kita lama berada di perantauan, dari lulus sekolah kita langsung merantau ke kota lain tidak hanya bulanan tapi tahunan, setelah kita jenuh atau sudah merasa cukup punya modal untuk usaha sendiri akhirnya kita terfikirkan untuk buka usaha di desa.

Lha kenapa kog di desa, nggak di kota aja? Ya kalau saya sih karena saya berasal dari desa ingin kembali di desa karena di desa lebih nyaman ayem dan tentrem katane wong jowo, tapi itu juga fakta sih menurut saya. Didesa seribu persen lebih nyaman deh, tapi kalau menurut kalian saya nggak tau dulur, mesti ada sebab lain kalian ingin membuka usaha di desa,, iya kan?

Karena banyak sekali jenis pekerjaan yang ada di desa maka saya akan sedikit merekomendasikan kepada kalian sedulur semua, pilih lah salah satu jenis jenis pekerjaan di bawah ini, jangan semua di pilih karena terlalu banyak membuka usaha akan membuat kita semakin mumet alias pusing lur.
Kuncinya cuma satu lur, fokus.

Fokuslah pada satu usaha yang dimana kalau kamu mengerjakannya hatimu akan bahagia, senang dan tanpa beban. Insya Alloh usahamu pasti sukses. Tapi ingat succes itu tidak akan datang secara instan, semua butuh proses butuh waktu, tenaga, fikiran dan kerja keras. Tanpa itu semua nggak akan bisa menjadi orang sukses.
Oke. Go on

   usaha usaha yang saya sarankan sebagai berikut.

   JENIS USAHA :

1. MEMBUKA WARUNG ATAU TOKO
 
  Mungkin dulur dulur semua berpikiran bahwa membuka warung atau toko di desa penghasilannya sangat minim apalagi banyak saingannya, lah sekarang saya tanya lur sama sampean yang baca tulisan ini, apakah ada usaha di dunia ini yang tidak bersaing?

dari perusahaan terbesar misal, pabrik rokok apa hanya cuma satu merk rokok yang ada di indonesia? Dan pabrik pabrik lainnya? Ada banyak kan, semua usaha yang menghasilkan uang pasti akan ada saingannya, karena sifat dari sebagian manusia adalah meniru. Jadi intinya jangan takut bersaing deh, tinggal kitanya aja pandai pandai berinovasi.

Untuk itu yang kamu lakukan pertama adalah menyurvei dulu, di lingkungan sekitarmu ada warung atau toko apa saja yang sudah jalan alias sukses, nah dari hasil surveimu warung atau toko apa yang belum ada di tempatmu.

Disini lah peluangmu untuk membuka usaha, bagaimana caranya.?

   Buat agenda seperti ini,
         A. Modal
         B. Tempat
         C. Buka
         D. Jangan banyak mikir.

Udah itu aja cukup, kalau sudah punya modal segeralah cari tempatnya, lah kalu belum punya modal gimana bang? Saya juga bingung jawabnya, hehehe.

Mesti kalian nebak cari pinjaman? Ya iyalah, mau gimana lagi kalau nggak cari pinjaman, mau ngrampok? Nggak banget deh masa mau usaha halal harus di mulai dengan kejahatan.  Intinya kita sebagai manusia saling membutuhkan, jadi mau gak mau harus minjam.

Usahakan kalau minjam uang jangan di bank, soalnya bakal ribet urusannya nanti, mending pinjem ke orang yang di percaya aja, Setelah kita dapat pinjaman maka kita langsung saja cari tempat dan membuka usaha yang sudah kita tentukan tadi.

Kalau masih bingung mana yang mau dipilih coba pikirkan jenis usaha yang ada di bawah ini:

    Jenis usaha kategori warung/toko :
       √ warung rujak
       √ warung kopi
       √ warung makan
       √ warung mie ayam & bakso
       √ warung es cream dll
       √ toko buah
       √ toko sepatu
       √ toko baju
       √ toko pupuk
       √ toko benih
       √ toko elektronik
       √ toko perlengkapn sekolah
       √ toko perlengkapan tani
       √ toko kain
       √ toko perkakas dapur
      
Dari sekian banyak usaha dengan kategori warung di atas mungkin sudah banyak atau se enggaknya ada di sekitar lingkunganmu. Itu adalah gambaran usaha warung yang bersaing, dan mungkin kalian timbul pertanyaan lagi akankah jalan usaha yang seperti itu?

Saya jawab apakah kamu sudah mencobanya?

Kalau kamu sudah mencoba apakah sudah mulai rame apa belum? kog belum bisa rame kenapa? Apakah kamu sudah benar benar fokus untuk mengurusi usahamu?

Yapss ,,, itu yang harus kamu jawab.
Kalau kamu sudah membuka usaha tapi belum rame atau baru memulai membuka usaha, carilah cara lain agar usahamu berkembang, misalnya buatlah sebuah inovasi dari usahamu. Buatlah usahamu sebeda dan semenarik mungkin dari yang lain. Bekerja keraslah lagi jangan pernah putus asa karena setiap proses tidak akan pernah menghianati hasil.

Sedikit tips tentang inovasi:

¶ jangan terlalu mencari untung yang banyak, yang penting ada pembeli datang setiap hari
¶ muliakan pembeli semulia mulianya, artinya layani mereka dengan sebaik mungkin
¶ usahakan barang daganganmu berkualitas
¶ berikan promo promo menarik untuk memikat pelanggan datang
¶ buatlah tempat usahamu senyaman dan sebersih mungkin
¶ jangan terburu buru mengambil untung banyak.
¶ jam buka tempat usahamu harus teoat waktu, biar orang yang sudah menjadi pelanggan tidak kecewa.
Itu sedikit tips inovasi yang bisa saya berikan, masih banyak lagi jenis tips tips yang bisa kalian buat lur.

2. MEMBUKA JASA SKILL/KETERAMPILAN

Yang selanjutnya adalah usaha jasa, banyak sekali macam usaha di bidang ini lur, untuk caranya membuka intinya adalah seperti di atas yang saya sebutkan, kalau kalian sudah punya skill langsung terapkan metode modal, cari tempat, buka dan jangan banyak angan angan ketakutan untuk memulai usaha kalian kawan.

Nah bagi yang belum punya skill sedulur semua dapat berlatih lebih dulu, caranya berlatih bisa mengikuti les privat keahlian, atau langsung berlatih secara otodidak. Dengan berlatih secara otodidak sedulur bisa lebih mengasah keahlian sedulur semua.

Kalau masih bingung skill atau keahlian apa yang kalian mau tekuni di bawah ini ada beberapa pilihan, silahkan di pilih, kalu emang tidak ada yang cocok kalian bisa cari di google tentang macam macam skill.
Berikut adalah skill yang bisa kalian pelajari.

     USAHA DI BIDANG KETERAMPILAN

A. Tukang cukur
B. Penjahit
C. Perbengkelan
D. Tambal ban
E. Tukang las
F. Tukang bangunan
G. Service komputer dan elektronik
H. Pijat
I. Tambal gigi
J. Sablon

Dan masih banyak lagi yang belum bisa saya sebutkan lur. melihat dari judul bahwa skill/keterampilan merupakan sebuah anugrah dari Tuhan, karena setiap orang tidak bisa menguasainya, hanya sebagian saja yang bisa.

Tapi bagi yang belum bisa itu semua bisa di latih dan di asah kog, pada dasarnya semua manusia bisa segalanya, tinggal di lihat di bidang apa yang paling di minati, tinggal kita asah lagi biar lebih matang.

Kalau mungkin daftar skill di atas kurang ada yang di minati kawan semua bisa lihat diri sendiri, dalam bidang apakah saya ini punya potensi ketrampilan?
Setelah kamu berpikir dan sudah menemukan bidang apa yang paling menonjol dalam diri saya, segeralah asah ketrampilanmu kawan.

Karena setiap usaha pasti di mulai dari nol dan butuh kerja keras, nggak ada yang tiba tiba bisa secara instan.

Dalam bidang skil sangat besar potensi penghasilannya kawan, dengan ketekunan dan ketelatenan skil kamu lama lama akan di cari orang, contohnya tukang cukur, memangnkelihatannya hasilnya gak seberapa, tapi coba pikirkan, tukang cukur mengumpulkan uang sedikit demi sedikit dari skilnya, karena mempunyai skil yang bagus akhirnya usahanya rame, dan bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan cukup besar.

Itu adalah contoh tukang cukur, bila kalian berminat kalian bisa mencobanya. Tapi ingat setiap usaha butuh perjuangan tidak cukup setahun atau dua tahun, tapi lebih. Karena tuhan melihat seberapa besar ketelatenan dan kesabaranmu.

Itu saja usaha di bidang skil, kalian bisa memulainya dari sekarang bila kalian bersungguh sungguh pasti akan berhasil.

0 Response to "JENIS JENIS USAHA YANG COCOK DI PEDESAAN"

Post a Comment

AYO SOB TINGGALKAN KOMENTAR YANG BIJAKSANA DAN BERBOBOT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel